Usai Dilantik, Pj Gubernur Agus Fatoni Fokus Tanggulangi Karhutla di Sumsel 

JAKARTA – Barometer99.com,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Agus Fatoni, M.Si betempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Senin (2/10/2023) pagi.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, menegaskan setelah resmi dilantik dirinya akan segera melaksanakan tugas sesuai dengan arahan dari Mendagri. Yang paling utama adalah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), serta penurunan stunting, mengendalikan inflasi, penurunan kemiskinan dan kemiskinan extrem.

“Karhutla segera kita ditangani, kemudian kemiskinan ekstrem, stunting, penanganan inflsa serta tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan lainnya yang selama ini harus menjalankan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ungkapnya.

Baca juga : Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Agus Fatoni Jadi Penjabat Gubernur Sumsel

Menurut Agus Fatoni, dalam waktu dekat ia akan berkoordinasi dengan pimpinan DPRD dan anggota, kemudian bersama Forkopimda dan akan konsolidasi internal bersama Pemprov Sumatera Selatan.

“Untuk penanganan karhutla secepatnya kita akan segera rapat, di sana sudah ada Satgas yang diketuai oleh Gubernur.

Nanti tentu akan gabung dengan satgas TNI/Polri dan juga kita mengundang Bupati / Walikota selaku anggota, jadi segera kita rapatkan melibatkan pihak terkait, kita akan turun ke lapangan,” tegasnya.

Baca juga : PJ Walikota Ratu Dewa Ajak Masyarakat Sholat Istisqa di 1990 Masjid Yang ada di Palembang

Sementara dalam upaya penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, dan inflasi yang menjadi prioritas nasional, ia juga akan mengajak seluruh pihak bersama Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/kota, TNI/Polri berkerjasama.

“Kita harus bisa bersama-sama provinsi, kabupaten/kota dan juga seluruh pihak yang terkait dengan ini yang tetap harus kita tingkatkan,” paparnya.

Terkait dengan angenda Pilkada serebtak tahun 2024, Agus Fatoni menegaskan, Pemprov dan Pemkab/Pemkot wajib menganggarkan dana Pilkada 40% di tahun 2023 dan 60% di 2024.

Baca juga : Warning, Jasa Raharja Ungkap Korban Lakalantas Meninggal Dunia di Sumsel Capai 39 Persen Hingga Agustus 2023

Baca juga : Dari Potensi 2 Juta Lebih Kendaraan Wajib Membayar Pajak di Sumsel, Periode September 2023 Baru Mencapai 33 Persen

“Jadi akan segera kita koordinasikan untuk bisa segera dipenuhi anggaran Pilkada 40% dan 60%ini. Saya pulang kampung harus membangun Sumsel bersama-sama dengan yang lain,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dr. Agus Fatoni, M.Si. Lahir, 06 Juni 1972 adalah birokrat Indonesia, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun 1994 atau angkatan ke-3, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pelantikan Pj Gubernur Sumsel kali ini dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Sumsel Periode 2018-2023 H Mawardi Yahya bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Periode 2018-2023 H Fauziah Mawardi Yahya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir. SA Supriono, Forkopimda Provinsi Sumsel para Bupati/Walikota serta Kepala OPD dan Biro dijajaran Pemprov Sumsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *