Dirsamapta Polda Sumsel Turun Langsung Memantau Pelaksanaan Tes Psikologi Taruna Akpol TA 2023

Barometer99– PALEMBANG- 197 peserta yang terdiri dari 181 Pria dan 16 orang Wanita mengikuti tes CAT Psikologi Penerimaan Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh Polda Sumsel Selatan (Sumsel ) dengan menggunakan sistem Computer Assessment Test (CAT) di Universitas Bina Darma Palembang, Jumat (12/5/2023) pukul 06.30 Wib.

Penerapan protokol kesehatan pun dilakukan sejak sebelum masuk ke ruangan ujian sterilisasi ruangan dan benda dengan penyemprotan disinfectan Para peserta diwajibkan menerapkan physical distancing/menjaga jaga jarak 1,5 meter Selain itu, sebelum masuk ke ruangan tes dilakukan pengecekan suhu tubuh serta pemeriksaan badan dari pihak Panitia agar di dalam ruangan ujian tidak membawa alat-alat / barang yang berpotensi melanggar ketentuan ujian.

Dalam rangkaian tes psikologi ini peserta diawasi oleh pihak internal dan eksternal. Bahkan Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto, S.I.K., M.H. turun langsung memantau pelaksanaan tes psikologi Taruna Akpol TA 2023 Panda Polda Sumsel.

Dirsamapta Polda Sumsel mendatangi satu per satu ruangan pelaksanaan tes CAT Psikologi didampingi, Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sumsel.Kompol Suparyono S.Psi M Psi.Psikolog dan Kasubbag Diapers Bag Dalpers Ro SDM Polda Sumsel Kompol Candra Kirana Putra SIK,SH,MSI,CPHR serta Panitia dan Was Internal dan Eksternal penerimaan Taruna/i Akpol 2023 Polda Sumsel

Karena para peserta sedang mengikuti tes, Dir Samapta Polda Sumsel hanya memantau dan tidak ingin mengganggu konsentrasi peserta saat mengerjakan soal ujian.

Disela-sela kunjungannya itu, Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH Selaku koordinator pemeriksaan Psikologi hanya memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta agar tetap tenang dan konsentrasi saat mengikuti ujian.

Selain itu Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Bina Darma Palembang yang menyediakan fasilitas pelaksanaan ujian CAT dengan sistem komputerisasi.

Dirsamapta Polda Sumsel memastikan kalau proses seleksi berjalan dengan baik dan transparan. “Kita transparan dan memberikan kenyamanan kepada peserta. Silahkan peserta konsentrasi mengerjakan soal-soal dan hasilnya langsung diumumkan,” ujarnya.

Sementara itu Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI melalui Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sumsel Kompol Suparyono S.Psi M Psi.Psikolog saat dimintai keterangan Wartawan menyebutkan Pengumuman lolos tes psikologi langsung diumumkan setelah selesai pelaksanaan tes Bagi peserta yang dinyatakan lolos pada tes ini berhak mengikuti tes tahapan selanjutnya yang meliputi Tes Akademik,yang diagendakan 23 mei 2023 tahapan CAT Akademik di universitas Bina Darma Palembang waktu pukul 05.30 Wib

Tes psikologi ini adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Adapun tujuan dari tes psikologi ini digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan semuanya yang mendukungnya termasuk prestasi, kemampuan, kepribadian, dan intelegensi ujarnya

Suparyono menjelaskan setelah melaksanakan test CAT Psikologi Tahap 1 penerimaan calon Taruna/I Akpol TA 2023 pada hari ini dari 197 peserta P, 181 dan W, 16 (hadir lengkap red) yang dinyatakan memenuhi syarat( MS ) 151 (140 P 11 W ket red) sedangkan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat ( TMS ) 46 Peserta (41 P dan 5 W ket red) tutupnya.(*)

#poldasumsel #humaspoldasumsel #samaptapoldasumsel

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *