10 Prodi di Unsri Paling Tinggi Peminatnya, Kedokteran Tetap Paling Terfavorit 

Rektor Universitas Sriwijaya Prof.Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng, di dampingi oleh koordinator humas Penerimaan Mahasiswa baru Prof. Dr. Zulkifli Dahlan.DEA saat diwawancarai usai sosialisasi tahapan penerimaan Camaba tahun 2023 yang bertempat di gedung Lembaga Bahasa pada hari Jum'at (14/04/2023) pagi, (foto.Yon)

Barometer99.com, PALEMBANG – Universitas Sriwijaya (Unsri) merupakan salah satu Pendidikan Tinggi Negeri di Sumatera Selatan yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru (Camaba).

Namun ada 10 Program Studi (Prodi) yang paling tinggi peminatnya dan yang paling Terfavorit tetap pendidikan kedokteran.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Sriwijaya Prof.Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng di dampingi oleh koordinator humas Penerimaan Mahasiswa baru Prof. Dr. Zulkifli Dahlan.DEA saat sosialisasi tahapan penerimaan Camaba tahun 2023 yang bertempat di gedung Lembaga Bahasa pada hari Jum’at (14/04/2023) pagi.

“Jadi jumlah peserta yang mendaftar melalui jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) sampai dengan hari ini jam 08:00 Wib 21.347 peserta dan akan di tutup sampai dengan pukul 15:00 Wib jadi masih kemungkinan akan terus bertambah,”katanya.

Menurutnya, Program Studi yang paling tinggi peminatnya Pendidikan Kedokteran (SI) mencapai angka 2.592, Ilmu hukum (S1) 1.787 peserta, Tehnik Pertambangan (S1) 1.550, Manajemen (S1)1.522 peserta, Farmasi (S1) 1.435 peserta, Tehnik Informatika (S1)1.401 Peserta, PGSD (S1) 1.270, Ilmu Komunikasi (S1) 1.242 Peserta, Akuntansi (S1) 1.098 peserta, dan Fisikologi (S1) 1.033 peserta.

“Jadi kalau peminatnya tinggi maka kesempatan untuk lulus juga kecil karena peluangnya lebih sedikit,”ujarnya.

Sedangkan, Kata dia SNBT daya tampung yang di sediakan hanya 50 Persen dari kapasitas yang disediakan.

Baca juga : Gubernur Herman Deru Pastikan Besok Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Dapat Dilalui Pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah

“Kalau jumlah penerimaannya terbatas dan ditentukan dari pusat langsung sebesar 50 Persennya saja,”katanya.

Tes SNBT tahun 2023 dibagi menjadi dua Gelombang, untuk gelombang pertama pada tanggal 08 sampai 14 Mei 2023 dan Gelombang ke ll tanggal 22 sampai 28 Mei.

 

Untuk lokasi Tes ada 10 tempat diantaranya 

1.Fakultas Kedokteran (Bukit),

2. FKIP Ogan

3. Graha Sriwijaya

4. Politeknik Negeri Sriwijaya Gd. Manajemen Informatika D4 

5. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Kampus B (Jakabaring)

6. Universitas MDP (MDP IT Store) Jl. Jend Sudirman KM. 4

7. Universitas Indo Global Mandiri Gedung C

8. SMA Negeri 1 Palembang

9. SMK Negeri 2 Palembang

10. SMK Negeri 3 Palembang

 

Dalam kesempatan itu juga, Rektor Unsri menghimbau agar para orang tua untuk mempersiapkan anaknya agar tidak gugup saat ujian dan tentunya berdoa dan jika ada oknum yang mengatasnamakan Unsri untuk menjamin kelulusan maka segera ditolak dan dilaporkan ke pihak berwajib.

“Saya himbau untuk para orang tua kalau ada yang mengaku-ngaku dari Unsri atau mengatasnamakan Rekor agar anaknya lulus menawarkan sejumlah uang maka itu tidak ada, laporkan saja dan orang tua cukup semangati anaknya dan jangan lupa didoakan,”ucapnya.

Penulis: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *