Hadiri Sosialisasi PSU, Fitri Sindir Pihak Pengembang Belum Penuhi Hak Konsumen

Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang.

Barometer99.com – PALEMBANG, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (6/4/2023) pagi, menghadiri langsung sosialiasasi penyerahan Prasarana Sarana Utilitas Perumahan (PSU) dari pengembang perumahan (Devloper) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Kegiatan yang dipusatkan di hall Arya Duta Hotel Palembang Fitri menyebutkan ada 30 perumahan yang sudah melakukan penyerahan, kemudian 182 masih tahap proses pengajuan dan sisanha masih ada 1000 lagi yang belum diproses.

Bahkan, dengan pesat pembangunan rumah yang tersebar disetiap sudut Kota Palembang ini, dirinya kerap mendapat keluhan warga sebagai konsumen yang telah menempati rumah yang telah selesai dibangun. Sayangnya, keluhan konsumen yang ia dapati saaf melakukan kunjungan sangat beragam sekali.

“Tentunya ini sudah saya temukan ketika saya berkunjung dan bersilahturahmi bersama masyarakat sekitar. banyak keluhan yang mereka sampaikan seperti kondisi jalan yang kurang baik yang ada di perumahan,” tegasnya.

Mulai air bersih, fasilitas publik hingga tidak sesuai dengan kontrak penjualan ke konsumen yang belum dipenuhi pihak developer.

“Dijanjikan pemasangan air bersih. Maka dari itu saya berharap kepada para pengembang perumahan agar bisa menepati janji mereka, karena setiap laporan yang saya terima dari pihak konsumen mereka merasa dikecewakan dengan janji-janji pihak terkait,” ungkapnya.

Baca juga : Ujang Panggarbesi Optimis SP2J Tidak akan Pailit

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perkimtan Kota Palembang Afan Prapanca Mahalli menjelaskan, pihaknya akan bekerja keras dalam menyelesaikan 1000 data yang belum diproses. Bahkan pihaknya untuk mempercepat proses tersebut telah meluncurkan aplikasi “Si Rumah” yang bisa diakses secara online.

“Sistem informasi ini dikembangkan dan dikelola oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Palembang sebagai OPD sekretariat tim verifikasi PSU perumahan. Sistem informasi ini berisi tentang informasi perumahan di Kota Palembang, daftar inventaris PSU perumahan di kecamatan Kota Palembang, mengetahui persyaratan penyerahan psu, bantuan psu dan mengajukan permohonan PSU, serta pengaduan online,”tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *