Disdukcapil Mensosialisasikan Identitas Kependudukan Digital ke Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran

Barometer99– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  menggandeng Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran mensosialisasikan identitas kependudukan digital (IKD).

IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui handphone android yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Nantinya, identitas warga akan mengalami perubahan data dari yang semula bentuk fisiknya berupa kartu kini menjadi digital.

Kedepannya KTP elektronik (e-KTP) yang saat ini sebagai kartu identitas resmi, akan digantikan dengan IKD. Dengan IKD, data masyarakat Indonesia akan terintegrasi.

pada tahap awal sosialisasi pihak Disdukcapil berupaya menyasar, mendekatkan dan memudahkan para petugas pelayanan masyarakat.

Sehingga dalam keberlanjutannya mereka dapat menjadi corong sosialisasi yang lebih luas lagi ke masyarakat, terkait kepemilikan identitas kependudukan digital di Kabupaten Muara Enim.

Untuk dapat menikmati layanan identitas digital, pertama kali perlu mengakses aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui aplikasi Playstore.

Setelah aplikasi tersebut diunduh, pengguna aplikasi terlebih dahulu melakukan verifikasi data.

Nantinya, selama proses verifikasi data kependudukan digital, masyarkat akan mendapat pendampingan dari petugas Disdukcapil.

Hal itu karena pada prosesnya membutuhkan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM. Situmorang menuturkan Dengan adanya IKD ini akan dapat dengan mudah mengakses apapun yang memerlukan data diri kependudukannya kapan saja dan di mana saja melalui smartphone.

untuk itu Polres Muara Enim akan bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muara Enim untuk membantu  mensosialisasikan program identitas kependudukan digital sampai ke masyarakat,” tutup Kasi Humas.(*)

#poldasumsel #humaspoldasumsel

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *