Babinsa Dampingi Pemberian Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Barometer99-Sleman — Babinsa Koramil 07/Ngempak Kodim 0732/Sleman Serka Sunardi Melaksanakan pendampingan pemberian vaksin, untuk mengantisipasi penyakit PMK oleh DKp3 (dinas ketahanan pangan pertanian dan perikanan) yang dilaksanakan di wilayah Sindumartani Kaoanewon Ngemplak Sleman,(14/2/2023).

Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah penyakit virus pada Hewan Ternak akut penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tersebar di berbagai daerah. Penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi.

Harus diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil mengalami tidak nafsu makan (anorexia), penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas,”jelas Serka Sunardi,

Serka Sunardi menambahkan, bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

Kami juga menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,”pungkasnya.(mg)

Pendim 0732/Sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *