Nyaris Tenggelam, Kapal Motor Berbendera Gabon Diselamatkan TNI AL

Barometer99– Jakarta, 13 Februari 2023,— Prajurit TNI AL dari Pos Angkatan Laut (Posal) Lahewa, di bawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nias, berhasil menyelamatkan kapal berbendera Gabon, MT. Aashi yang mengalami kebocoran, Sabtu (11/02), di Perairan Laut Muara Sungai Noyo Kabupaten Nias Utara.

MT. Aashi yang membawa muatan Aspal tersebut berangkat dari pelabuhan Khor Fakkan di Pantai Timur Uni Emirat Arab akan berlayar dengan tujuan Padang dan Sibolga. Akan tetapi saat melintasi perairan Muara Sungai Noyo, kapal tersebut mengalami kebocoran, dan harus lego jangkar.

Menerima informasi tersebut, Personel TNI AL dari Posal Lahewa berkoordinasi dengan Kepala Desa Faekhunaa berangkat menuju titik lego MT. Aashi untuk melakukan pemeriksaan tentang kondisi kapal tersebut. Ditemukan kebocoran akibat dari keroposnya plat dinding kapal, sehingga akibat hantaman ombak besar menyebabkan kapal bocor. Kapal yang dinahkodai Sandeep Kumar Bhaskar beserta 20 orang ABK berkebangsaan India saat ini dalam kondisi baik-baik saja.

Ditempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa, satuan TNI AL akan selalu sigap merespon kondisi kedaruratan. “Kita akan terus melaksanakan Operasi Militer Selain Perang, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, terlebih jika masyarakat membutuhkan kehadiran personel ataupun unsur TNI AL”, tegas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *