880 Mahasiswa di Wisuda, Rektor Unsri Harapkan Alumni Mampu Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN.Eng., saat di wawancarai usai kegiatan Wisuda UNSRI ke 163, (foto.Yon)

Barometer99- PALEMBANG,- Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar wisuda ke-163 bertempat di Fakultas Hukum Tower 8 Unsri Palembang, Rabu (14/12/2022). Jumlah mahasiswa yang di wisuda sebanyak 880 orang.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN.Eng mengharapkan agar alumni Unsri mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya sekedar bekerja.

“Saat ini ada yang bias, Sehingga pemerintah jadi berat karena setelah tamat mau jadi PNS atau bekerja. Padahal sudah diketahui jumlah penerimaan PNS sedikit tapi masih banyak yang menunggu untuk menjadi PNS sebenarnya yang lebih tepat itu generasi muda berwirausaha,”katanya.

“Mudah-mudahan setelah covid-19, anak-anak bangsa kita yang muda-muda ini berwirausaha. Karena sekolah itu sebenarnya meningkatkan pola pikir dan perhitungan yang matang yakni manajemen,”harap dia.

Berkaca pada jaman dahulu kala, kata Anis bekerja dengan orang lain khususnya di pemerintahan masyarakat kurang tertarik karena pada saat itu, masyarakat lebih suka untuk berbisnis.

“Ini ada pergeseran, saya di era tahun 1970 an yang bekerja di Pemda itu kalau sekarang PNS dulu namanya Kota praja tulisan PNS itu tidak terlalu banyak. Maindsetnya orang dulu adalah berbisnis, karena orang pebisnis ini uangnya lebih banyak,”ungkapnya.

Jadi,Generasi kedepan itu harus dibalik dikembalikan pola pikirnya agar mereka itu berbisnis. Apalagi kondisi dunia saat ini sudah terbuka, sehingga tidak bisa lagi menghalangi segala sesuatu tidak boleh. Karena sekarang seluruhnya sudah one word (satu dunia).

“Jadi yang paling penting tanah kita, bangsa kita dan aset kita itu dikelola oleh anak-anak bangsa jangan sampai Aset kita dikelola oleh orang luar,”ucapnya.

Kemudian, celoteh Anis, Perguruan Tinggi mempunyai kewajiban untuk mendidik pasca kampus bukan berarti mencari pekerjaan di ruangan AC, Karena lulusan Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk mengabdi kepada bangsa.

“Sumpahnya salah satunya akan mengamalkan semua ilmu yang didapat itu untuk kepentingan bangsa, negara tanah air bahkan siap mengabdi untuk masyarakat,” katanya.

Penulis: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *