Apa itu Penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)? Pentingnya Mengetahui Dampak Terkena HIV

Barometer99– Jumlah kasus HIV di Indonesia hingga pertengahan tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam kurun waktu 6 bulan ditahun 2022, ada 519.158 orang yang sudah dilaporkan terpapar penyakit tersebut.

Penyakit HIV itu sendiri merupakan penyakit yang bersifat menular. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga daya tubuh semakin lemah dan rentan diserang berbagai penyakit.

Penularan penyakit HIV dapat terjadi karena pola pergaulan bebas, Berbagi jarum suntik, Produk darah, seks yang menyimpang hingga bergonta ganti pasangan seksual. Penyakit HIV juga dapat menular melalui pertukaran berbagai cairan tubuh dari orang yang terinfeksi seperti darah, asi, cairan sperma dan caiaran vagina.

Bahayanya penyakit HIV dapat membuat seseorang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengakibatkan virus, jamur dan bakteri yang biasanya tidak berbahaya menjadi sangat berbahaya karena rusaknya sistem imun ditubuh. Rusaknya sistem imun dalam tubuh inilah yang membuat seseorang mudah terserang berbagai jenis penyakit yang berbaya hingga dapat menyebabkan kematian.

Penularan penyakit HIV sangat penting untuk kita ketahui guna mencegah terkenanya penyakit hiv. penyakit hiv dapat kita hindari dengan cara menghidari seks bebas, tidak berganti pasangan, tidak mengkonsumsi narkoba, menghindari terkenanya cairan tubuh dari orang yang telah terinfeksi penyakit hiv, dan memiliki wawasan pengtahuan mengenai penyakit ini.

Penulis : Marleza Oktavia

Gmail : marlezaoktavia6@gmail.com

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *