Skema Seleksi Masuk PTN 2023, Berikut Tanggapan Rektor Unsri

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN. Eng, saat di wawancarai usai menghadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Direksi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Periode 2022-2026, di Griya Agung, Jumat (4/11/2022). (foto.Yon)

Barometer99- PALEMBANG,- Perubahan Skema seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2023 Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN. Eng, menanggapi hal tersebut merupakan Terobosan yang baik. Perubahan tersebut terangkum dalam Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022.

“Peraturan Sebelumnya bukan berarti salah tapi Peraturan yang baru juga lebih bagus,” ucap Anis saat menghadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Direksi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Periode 2022-2026, di Griya Agung, Jumat (4/11/2022).

Ia menjelaskan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud ristek) Nadiem Makarim yang diterbitkan dengan Nomor 346/P/2022 tentang Panitia Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023.

“Sekarang diluruskan dengan kementerian jadi yang menentukan Panitianya dari Kementerian yang bukan lagi Rektor,”ujarnya

Dia bilang, Dahulunya Penerimaan SNMPTN dan SBMPTN di tentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang terdiri dari Seluruh Rektor PTN.Nah, Sekarang di ambil alih oleh Kementerian namanya Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru-Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan(SNPMB-BP3)

“Kalau dulu SBMPTN 70 Persen ditentukan oleh Kementerian ( kuota Pusat) jadi Panitianya selama ini dibuat yang namanya majelis Rektor terbentuk lah LTMPT, berbeda dengan masuk PTN tahun 2023 yang menentukan Panitianya dari Kementerian namanya ,”ujarnya

Pada tahun 2023 Nanti jelasnya dia, Penerimaan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui 3 jalur yakni Pertama Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP) sebelumnya di sebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT) sebelumnya di kenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ke tiga Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

“Pola penerimaannya untuk SNBT hanya 50 Persen di tentukan oleh nilai Akademik sisanya Prestasi yang di hasilkan misalnya Juara Ketika mengikuti Olimpiade atau Anggota Paskibraka Nasional,”papar Anis

Penulis: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *