Kuatkan Niat Bersama Wujudkan Lingsar Tanpa Sampah, Camat Lingsar Gelar World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 di Wiyahnya

Barometer99.com

Lombok Barat NTB – Upaya meningkatkan kepedulian kebersihan diwilayah Kecamatan Lingsar, Camat Lingsar Marzuqi, S.A.P., bersinergi bersama Danpos Lingsar Koramil 1606-8/Narmada Satuan Kodim 1606/Mataram dan Kapolsek Lingsar Iptu Riski Meirika, S.Tr.K., beserta seluruh Elemen Masyarakat menggelar World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 dalam rangka menuju Lingsar Tanpa Sampah (Lintas) yang di selenggarakan bertempat Kantor Camat Lingsar Jalan Gora II, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Marzuqi, S.A.P., selaku Camat Lingsar yang dihadiri oleh seluruh peserta sebanyak 300 orang diantaranya yakni : Camat Lingsar beserta seluruh Stafnya, seluruh Pejabat Desa (Kades), Dinas Bapenda Lombok Barat (Suparlan), Kadis Sosial (Lalu Martajaya), Rektor UNU (Unifersitas Nadatul Ulama) NTB, Siswa Siswi SMP serta SMA dari kecamatan lingsar.

Adapun rangakaian kegiatan ini meliputi Senam Aerobik, Pemeriksaan Kesehatan gratis, Vaksinasi gratis, UMKM, penyaluran Baksos dan lain-lainnya.

Dalam sambutan Camat Lingsar Marzuqi, S.A.P., mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta baik dari elemen masyarakat kecamatan lingsar maupun dari berbagai para Seponsor dan tamu undangan yang hadir di kantor camat lingsar. Mari kita kuatkan niat kita untuk Kabupaten Lombok Barat yang lebih Maju,” katanya.

Diterangkan juga bahwa Lintas ini merupakan inisiasi dari kecamatan Lingsar, dan Lintas ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2021 berkat dukungan dari para Kades se kecamatan lingsar yang memberikan anggaran sekitar 10 juta untuk penanganan sampah.

Dengan harapan kita bersama dengan dilauncingnya LINTAS ini diselenggarakan, agar sampah yang ada di Kecamatan Lingsar bukan lagi mimpi buruk, akan tetapi bisa menjadi indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat bagi Kabupaten Lobar.

Dimana pengolahan sampah organik juga sudah mulai dilaksanakan dengan mengembangkan budidaya Magot, sehingga hal tersebut dapat meminimalisir adanya sampah organik.
Dan kami merangkul para remaja masjid untuk bgaimna kita berkolaboratif dalam menangani sampah, dengan membentuk bank dampah masjid dengan tujuan mengurangi populasi sampah,” imbuh Marzuqi, S.A.P.

Sasaran untuk mewujudkan Lingsar Bersih Tanpa Sampah adalah seluruh desa yang berada diwilayah Kecamatan Lingsar, namun kegiatan ini terlebih dahulu diawali dengan pemanasan dengan menggelar Olahraga Senam Aerobik yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

“Lanjutnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Camat Lingsar Marzuqi, S.A.P., bertujuan untuk menciptakan setiap desa diwilayah kecamatan lingsar tetap bersih kelihatan indah dan warga masyarakat tetap sehat terbebas dari jentik-jentik wabah penyakit yang timbul dari tumpukan-tumpukan sampah.

Harapan Marzuqi, S.A.P., kepada seluruh masyarakat, agar kedepannya sampah menjadi sumber pendapatan warga ataupun seluruh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sampah organik maupun non organik karena manfaat pengolahan sampah yang baik akan dirasakan oleh manusai itu sendiri. Dan ada beberapa manfaat yang sangat menguntungkan bagi manusia ketika menyadari pentingnya pengolahan sampah dengan baik,” tegas Camat Lingsar.

“Gotong royong dalam kegiatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 ini dilaksanakan merupakan salah satu bentuk kepedulian kita semua dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Kami berharap dukungan segenap elemen masyarakat karena menciptakan lingkungan bersih butuh kerjasama semua pihak,” ungkap Marzuqi, S.A.P.

Launcing LINTAS ini tandanya dimulai dengan pelepasan Burung Merpati dari semua pejabat pemerintah daerah yang bertugas di wilayah Kecamatan Lingsar sekaligus foto bersama.

Mengakhiri kegiatan LINTAS ini terlihat juga dimeriahkan oleh Camat Lingsar dengan berbagai hadiah Dolpraes diantaranya seperti Kulkas, Kipas Angin, Tas Sekolah, beberapa payung, Wajan serta Teplon, Lunch BOX, SQRS Food Chopper, Sepiker Aktif dan Termos. Kemudian selanjutnya hadiah tersebut di berikan langsung kepada para pemenang yang sudah di undi serta dipanggil sesuai nomernya, dan diberikan langsung oleh salah satu yang di minta menyerahkan dari tamu undangan yang hadir,” terang Marzuqi, S.A.P.(Dans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *