Ketum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Resmi Menutup MPLS YHT Cabang Surabaya

Barometer99– Surabaya- (21/07) Menginjak hari ke tiga pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah / MPLS bagi siswa baru tahun Ajaran 2022/2023 tingkat SMP dan SMA/SMK KAL di lingkungan Satuan Pendidikan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Rabu,(20/07/22), Ketua Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P resmi menutup dalam sebuah upacara yang berlangsung di halaman sekolah SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Pelaksanaan MPL telah berlangsung selama tiga hari dari 18-20 Juni 2022 di ikuti oleh 12 Satuan pendidikan yang terdiri dari 6 Satdik tingkat SMP, dan 6 Satdik tingkat SMA/ SMK KAL. Satdik-satdik tersebut terdiri dari SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 5 dan SMP Hang Tuah 6 Excellent. Sedangkan ditingkat SMA/ SMK KAL terdiri dari SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 dan SMK KAL-2.

Upacara Penutupan berlangsung singkat namun hikmat, di awali dengan penaikan Bendera Merah Putih oleh siswa Paskibra SMA Hang Tuah 1, Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Mars Hang Tuah , kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Siswa SMA Hang Tah 1, Pembacaan Teks Pancasila dipimpin Langsung oleh Inspektur Upacara.

Rangkaian penutupan MPLS di tandai dengan pelepasan tanda peserta MPLS yang di wakili 6 siswa tingkat SMA dan 6 siswa tingkat SMP, ,kemudia pemasangan atribut siswa SMP dan SMA/SMK KAL oleh Inspektr upacara Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P secara berurutan diawali dari siswa SMA,SMK KAL kemudianberalih ke siswa SMP .

Dihadapan seluruh perta MPLS , Ketum PP YHT menyebutkan bahwa Tujuan diadakannya Masa Orientasi Peserta Didik Baru adalah untuk membantu Siswa Mengenal Lingkungan Sekolah Baru, mengenal para Guru, pegawai dan Kakak Kelasnya sehingga mereka merasa aman dan nyaman. Disamping itu juga mendorong siswa untuk bersikap Pro Aktif, cepat beradaptasi dan berintegrasi, mengetahui Hak dan Kewajibannya serta mampu mempertanggung jawabkan dalam kehidupan bersekolah.

Diharapkan juga bahwa siswa memahami kehidupan sekolah dalam pelaksanaan “Wawasan Wiyata Mandala” Memahami fungsi sekolah / warga sekolah dan masyarakat lingkungannya dapat mendukung tujuan pendidikan secara komprehensif dan terciptanya suasana sekolah yang edukatif dan kondusif.

Pada akhir sambutannya Ketum PP YHT menekankan “Kesadaran untuk berbangsa dan bernegara, pendidikan karakter, menumbuh kembangkan kemauan dan kemampuan spiritual, keimanan dan ketaqwaan, rasa percaya diri yang tinggi, disiplin untuk kerja keras dengan pola pikir yang cerdas dan didasari dengan niat hati yang Ikhlas serta pengenalan Kurikulum Merdeka yang merupakan Kurikulum dengan Pembelajaran Intrakurikuler yang Beragam, dimana konten lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi” tuturnya.

Hingga saat ini perolehan siswa baru di lingkungan satdik-satdik Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya khusus di tingkat SMP, SMAdan SMK dapat di himpun dari para Kasatdik masing-masing sebagai berikut : SMP Hang Tuah 1 memperoleh 180 siswa, SMP Hang Tuah 2 memperoleh 62 siswa, SMP Hang Tuah 4 memperoleh 141 siswa, SMPHang Tuah 5 memeperoleh 125 siswa, SMP Hang Tuah 6 Excellent memperoleh 72 siswa.

Sedangkan di tingkat SMA, SMA Hang Tuah 1 memperoleh 313 siswa, SMA, SMA Hang Tuah 2 memperoleh 388 siswa, SMA, SMA Hang Tuah 4 memperoleh 156 siswa, SMA, SMA Hang Tuah 5 meperoleh 274 siswa, SMK KAL-1 memperoleh 236 siswa dan SMK KAL-2 memperoleh 114 siswa.

Selama pelaksanaan upacara penutupan MPLS Satdik tingkat SMP, SMA dan SMK KAL Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya seluruh peserta upacara dan undangan tetap mematuhi protocol kesehatan pencehahan terhadap Covid-19 dengan menggunakan masker, cuci tangan sebelum bergiat serta menjaga jarak.

Turut hadir dalam upacara penutupan MPLS tingkat SMP,SMA/SMK KAL Yayasa Hang Tuah Cabang Surbaya, Anggota Pembina Bidang Umum PPYHT , Anggota Pengawas PPYHT, Sekertaris PP YHT, Kabiddik PP YHT , Kabidbang PPYHT, Kapeng YHT Cabang Surabaya serta pengurus Inti dan tidak ketinggalan seluruh Kasatdik di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya (yht/dar).

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *