Kodiklatal Ikuti Rekonsiliasi Internal Migrasi Data Semester I TA 2022 di UO TNI AL

Barometer99– Surabaya- Dilaksanakan di Surabaya, para perwira dan staf jajaran Keuangan Wilayah atau Kuwil Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), mengikuti Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data antara Baren, Balog dan Baku Semester I TA 2022 di Lingkungan UO TNI AL, yang diadakan oleh Dinas Keuangan TNI AL bertempat di Balai Prajurit R.M. Moedjono Poerbonegoro Puspenerbal Juanda, Kamis (14/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kakuwil Kodiklatal Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan dipercaya menjadi Ketua Panitia Daerah Surabaya. Kegiatan rekonsiliasi dilaksanakan di empat daerah, yakni Belawan, Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Khusus di Surabaya kegiatan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 14 hingga 15 Juli 2022, diikuti oleh jajaran Kakuwil, Kepala Akuntansi atau Kaakun, serta staf Akun dari 45 satuan kerja TNI AL di Surabaya. Diantaranya Kodiklatal, Koarmada II, AAL, Pasmar 2, RSAL dr.Ramelan, Lantamal V Surabaya dan lanal jajarannya, serta UPT Mabesal.

Sementara itu Kadiskual Laksma TNI Poedji Santoso dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Sekdiskual Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudadiputra menyatakan, bahwa rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem atau sub sistem yang berbeda, berdasarkan dokumen sumber yang sama.

Lebih lanjut penyelenggaraan rekonsiliasi saat ini adalah rekonsiliasi internal terkait dengan penyelesaian migrasi data yang terdiri dari saldo awal neraca, persediaan dan aset sebagai data penyusunan LK Satker semester I TA 2022.

“Selain itu sebagai sinkronisasi data antara badan perencanaan, badan logistik dan badan keuangan”, ujar Sekdiskual mengutip sambutan tertulis Kadiskual. Karenanya diharapkan momen rekonsiliasi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan yang mengganggu kualitas laporan keuangan semester I TA 2022 khususnya UP TNI AL, sebagai upaya mempertahankan opini WTP dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Kemhan TNI tahun 2021.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *