Tuan Rumah Porprov VII Jawa Timur Menjadi Modal Dasar Mendongkrak Perekonomian

Barometer99– Berbagai atraksi mewarnai Pembukaan Porprov VII Jawa Timur di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Sabtu, (25/06/2022). Salah satunya tarian kolosal 1500 emak-emak yang secara kompak melakukan flash mob, menarikan 10 jenis tarian. Diakhir penampilan membentuk konfigurasi “Optimis Jatim Bangkit.”

Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa membuka secara resmi dimulainya pelaksanaan Porprov VII yang diikuti 14.486 peserta terdiri dari 10.151 atlit, 823 ofisial tim, 3.512 ofisial Cabang Olahraga (Cabor).

“Porprov VII diharapkan bisa mencetak atlit-atlit muda berbakat dan berprestasi, yang tidak hanya berkiprah di tingkat nasional. Namun mampu membawa nama harum Indonesia di laga internasional. Jatim untuk Indonesia menuju prestasi Dunia” ungkap Kofifah dalam pidato sambutannya.

Lebih lanjut, Mantan menteri Sosial ini berpandangan bahwa olahraga bukan sekedar ajang meraih prestasi, menjunjung tinggi nilai sportivitas. Tetapi melalui Porprov juga harus dimaknai sebagai medium untuk membangun persatuan, menghargai keragaman, pluralitas, kesetaraan tanpa membedakan suku, agama,ras, bahasa, maupun adat istiadat.Tandasnya.

Sementara itu, ditemui awak media di sela-sela acara pembukaan pembukaan Porprov, Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar H. Muhamad Nur Purnamasidi sangat mengapresiasi atas berbagai rangkaian acara dan penampilan pembukaan Porprov VII yang dihelat di Jember.

“Sungguh ini merupakan momentum yang bersejarah dan sangat membanggakan kita semua setelah dua tahun lebih belakangan ini mengalami Pandemi Covid 19. Antusiasme dan partisipasi massif warga nampak jelas begitu penuh semangat. Porprov dari tanggal 25 Juni- 3 Juli 2022 ini bisa menjadi modal dasar untuk membangkitkan, mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya di empat kabupaten sebagai tuan rumah bersama yakni Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.” Tegas politisi Senayan Dapil Jember Lumajang.

Dari opening ceremony, kita bisa lihat dan menyaksikan betapa masyarakat Jember khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya memiliki keragaman sekaligus keunikan yang menjadi kekhasan daerah masing-masing. Dan itu semua adalah karunia serta anugerah yang harus dikelola, ditumbuhkembangkan secara optimal serta berkesinambungan dalam kerangka sebagaimana tema besar Porprov yakni Optimis Jatim Bangkit.

“Bangkit Prestasi Olahraganya,Bangkit Pariwisatanya, Bangkit UMKM dan ekonomi Kreatifnya, Bangkit pula perekonomian masyarakatnya. SDM berkualitas, Berdaya saing tinggi. Semua itu bisa diraih bersama, solid bergerak, bergotong royong.” Jelas Bang Pur Berapi api.

Bupati Jember H. Hendi dalam sambutanya juga berharap besar, agar para atlit menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi. Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Ekonomi menjadi Tiga pilar Porprov VII.

Untuk sukses Prestasi sebagaimana acuan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dimana menargetkan masuk 5 besar peringkat ajang Olimpiade menyongsong Indonesia emas di tahun 2045 sebagai rujukannya.

Sedang Sukses Ekonomi dalam Porprov kali ini dibuktikan dengan terdapat 850 UKM beserta pedagang asongan yang turut terlibat. Hal ini diharapkan bisa memicu serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat setelah terdampak Pandemi Covid 19. Semua stakeholder saling bersinergi, berkolaborasi. Tidak hanya sektor usaha, tetapi juga sektor jasa. Untuk pariwisata kita berikan diskon 20 % bagi peserta Porprov untuk menikmati berbagai destinasi wisata.

“Keberpihakan pada pengembangan ekonomi kecil dan menengah akan menjadi prioritas pembangunan ke depan. Karena terbukti sektor UMKM dan ekonomi kreatif lebih memiliki daya tahan, lebih survival dalam menghadapi situasi krisis, bahkan menjadi pondasi yang kokoh, berkontribusi besar dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional.” Pungkasnya.

Kemeriahan pembukaan Porprov VII juga didukung oleh kehadiran Group Band Kotak yang menyanyikan lagu hit nya dalam bahasa Madura, Juga penampilan JFC dalam parade atlit, atraksi seni dari watu Ulo, linkrafin, serta semarak pesta kembang api. (Fendy’s).

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *