Berikut Ciri Orang Naif dan Perbedaannya dengan Munafik

Barometer99,- Hati Hati dengan orang Naif, Ciri-ciri orang naif sangat mudah untuk dikenali. Biasanya, yang memiliki sifat ini dikenal polos, lugu dan kekanak-kanakan.

Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan naif adalah banyak tingkah, sangat bersahaja, lugu (karena kurang pengalaman), sederhana, celaka, bodoh dan tidak masuk akal.

Jika melihat dari pengertian tersebut, naif adalah sifat orang yang melihat segalanya dalam satu sisi dan biasanya semua terlihat baik.

Selain itu, ciri-ciri orang naif lainnya adalah mempercayai penilaian orang lain dengan mudah. Anda dengan sifat naif akan berasumsi bahwa orang lain lebih mengetahui atau melihat anda dibandingkan diri anda sendiri.

 

Ciri-ciri Orang Naif

Jika ingin tahu termasuk orang naif atau bukan, simak ciri-ciri orang naif berikut ini.

1. Sangat Mudah Percaya
Kamus Cambridge menjelaskan ciri-ciri orang naif adalah sangat mudah untuk percaya bahwa seseorang mengatakan yang sebenarnya.

Anda yang memiliki sifat naif akan menganggap bahwa semua orang adalah baik. Hal ini memang terlihat baik, tetapi akan menjadi boomerang untuk hidup anda.

Karena bisa jadi anda akan terlalu percaya dengan orang lain, meskipun mereka telah membohongi anda secara berulang-ulang.

Sifat ini tentu akan memberikan efek negatif bagi anda dan lingkungan sekitar anda. Salah satu cara menghilangkan ciri-ciri orang naif ini anda sebaiknya jangan menilai orang dari luarnya saja.

2. Mudah Tertipu
Ciri-ciri orang naif lainnya adalah mudah tertipu. Anda yang mudah percaya akan rentan dengan penipuan.

Karena sifat naif bisa membuat anda lebih mudah menjadi sasaran para penipu, khususnya di dunia digital seperti saat ini.

Jika anda mengalami hal ini, sebaiknya mulai berhati-hati dalam pergaulan. Anda juga harus berpikir ulang terhadap tindakan yang akan dilakukan.

3. Sering Dimanfaatkan Orang Lain
Karena mudah percaya dan tertipu, anda mungkin akan dimanfaatkan orang lain. Biasanya, orang akan senang memanfaatkan dua kelemahan anda tersebut demi keuntungan mereka masing-masing.

Penting untuk anda selalu memilih pergaulan. Karena jika anda bertemu dengan orang yang salah, hidup anda mungkin akan sengsara karena selalu dimanfaatkan.

Perbedaan Naif dan Munafik

Orang naif sering disamakan dengan orang munafik. Ini karena ciri-ciri orang naif memang terlihat mirip dengan munafik.

Lalu, apa saja perbedaan naif dan munafik? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Percaya dan Pura-pura Percaya
Munafik adalah sifat orang yang berpura-pura percaya atau setia pada orang lain.

Sifat ini terntu berbeda dengan naif. Karena orang dengan sifat naif memang benar-benar percaya dengan orang lain.

2. Bermuka Dua
Orang munafik cenderung bermuka dua. Mereka akan bersikap baik di depan orang lain, tetapi tidak di belakangnya.

Sifat ini juga berbeda dengan orang naif. Ciri-ciri orang naif adalah selalu menganggap semua orang baik, sehingga mudah dimanfaatkan dan juga tertipu.

3. Selalu Berbohong
Perbedaan sifat munafik dan naif berikutnya adalah soal ucapannya. Orang munafik cenderung mudah mengatakan hal yang tidak benar atau berbohong.

Bahkan, berbohong sudah menjadi kebiasaan orang-orang yang munafik lho,! Mereka dapat dengan mudah mengatakan hal dusta baik kecil maupun besar.

Sementara orang naif selalu mengatakan hal yang jujur karena sifat mereka yang selalu memandang segala hal dari satu sisi saja.

Itulah ciri-ciri orang naif dan juga perbedaannya dengan munafik. Jadi, anda termasuk orang naif atau bukan?

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *