Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Tasyakuran HBP ke-58 bersama Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin 

Barometer99- BANYUASIN,- Kalapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin Royhan Al Faisal beserta seluruh jajaran mengikuti kegiatan Tasyakuran Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 secara virtual bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan Harun Sulianto, yang hadir secara langsung di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, Selasa (26/4/2022).

Turut hadir Kadivas Bambang Haryanto, Kepala Divisi Administrasi Idris, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil NTT Herman Sawiran, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Pudjiono Gunawan, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan Dedy Zulian, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Tri Purnomo, dan Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi I Wayan Tapa, serta seluruh Pejabat Eslon IV dan V Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin.

Kegiatan tasyakuran ini digelar oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada pukul 15.00 WIB dan diikuti pula oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia secara virtual bertemakan “Pemasyarakatan Pasti dan BerAkhlak Mewujudkan Indonesia Maju”.

Kegiatan tasyakuran ini juga sebagai wujud syukur atas 58 tahun Pemasyarakatan dengan segala raihan prestasi ditengah permasalahan yang datang silih berganti.

Mengutip situs resmi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Indonesia berlangsung sejak tahun 1964. Kala itu, Menteri Kehakiman RI Sahardjo mengutarakan buah pemikirannya tentang mengenai pembinaan narapidana berdasar sistem pemasyarakatan pada tahun 5 Juli 1963 silam.

Melalui konferensi Jawatan Kepenjaraan pada 27 April 1964 yang dilaksanakan di Lembang Bandung, istilah Pemasyarakatan dibakukan sebagai pengganti kepenjaraan. Buah pemikiran Menteri Kehakiman RI Sahardjo tentang konsep pemasyarakatan dijadikan prinsip pokok dari konsep pemasyarakatan.

Dari konferensi itu dihasilkan keputusan bahwa pemasyarakatan tidak hanya semata-mata sebagai tujuan dari pidana penjara. Pemasyarakatan juga merupakan sistem pembinaan narapidana.

Adapun puncak acara Hari Bakti Pemasyarakatan ini pada tanggal 27 April 2022 yang akan digelar upacara virtual terpusat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

 

Sumber : Humas Lapas Kelas IIB Banyuasin

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *