BAZNAS Muara Enim Salurkan Rp 2,2 Miliar Zakat Ke Mustahik yang berhak menerimanya

MUARA ENIM – BAROMETER99 – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim melakukan pendistribusian Dana ZIS BAZNAS Kabupaten Muara Enim pada tahun 2021, Selasa (26/04/2022) kepada Mustahik dan penerima berbagai Program Baznas Kabupaten Muara Enim.

“Total kita terima ditahun 2021 kemarin sebanyak Rp. 2.016.763.619. Dimana sebesar Rp 2.209.134.617, sudah kami salurkan kepada para Mustahik yang berhak menerimanya melalui berbagai Program BAZNAS Kabupaten Muara Enim. Diantaranya menyelesaikan 52 bedah rumah mulai dari tahun 2016, dan saat ini ada 1 bedah rumah dalam proses pembangunan, yaitu di Kecamatan Muara Enim yang Insya Allah kami harapkan dapat diresmikan oleh Bapak Bupati setelah lebaran ini,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim Erham Fajeri.

Masih kata Erham, Baznas juga memiliki Program SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana), dimana ada 26 Mahasiswa yang dibiayai pendidikan S1 dan sedang menjalani kuliah di Kampus Stebis (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam) dan STI Tarbiyah.

“Dan InSya Allah tahun 2023 para penerima Program SKSS ini akan menyelesaikan perkuliahannya. Selain itu BAZNAS juga memiliki Program Bantuan Rutin Konsumsi Mustahik yang setiap bulannya kami salurkan ke lebih 46 mustahik,”ujarnya.

Selain itu, kata Erham Baznas juga memiliki program Bantuan Biaya Kesehatan, Biaya Pendidikan, Bantuan Modal Usaha, Bantuan pada para Muallaf, guru ngaji, anak-anak yatim piatu, Santunan Ramadhan, bantuan pembangunan Masjid/Mushollah/Sekolah/pondok Pesantren, bantuan penganggulangan Bencana, kegiatan keagamaan dan kegiatan2 sosial lainnya.

“Mulai dari akhir bulan Februari tahun 2021 kemarin Baznas sudah mulai melakukan sosialisasi PerBup No. 56 tahun 217” Tentang Pengelolaan Zakat Penghasilan ASN di Lingkup Pemkab Muara Enim ke dinas Instansi. Namun, sayangnya sampai saat ini dana yang terkumpul masih sangat jauh dari potensi Zakat sebenarnya yang bisa dikumpulkan,”terangnya.

Lanjut, Fajri Erham saat ini Baznas Kabupaten Muara Enim hanya menerima penghimpunan dana sebesar 120-130 juta perbulannya dimana sebenarnya ada lebih dari 400 juta/, potensi Zakat yang bisa dikelola jika semua ASN sudah menjalankan kewajibannya dalam mengeluarkan dana Zakat dan Infak sesuai dengan peraturan yang telah ada.

“Selama bulan, Ramadhan ini Baznas menyalurkan dana Zakat Ya Keraga lebih dari 1000 mustahik. Melalui kegiatan Safari Ramadhan ke 10 Kecamatan dengan menyalurkan 20 paket Ramadhan ke tiap Kecamatan. Dan untuk kecamatan Muara Enim ada sebanyak 870 mustahik,”bebernya.

Lebih lanjut, Erham menerangkan sebenarnya ini masih sangat jauh dari kebutuhan ke Masyarakat yang ada, dan Baznas juga banyak sekali menerima permohonan bantuan yang harus diseleksi dengan sangat ketat.

“Dikarenakan keterbatasan dana yang ada saat ini. Untuk itu kami mengajak semua Muzakki dan Munfik baik ASN, maupun Swasta, para Aghniya atau orang-orang kaya, untuk sama-sama meringankan beban ekonomi dan kebutuhan Masyarakat yang ada di Kabupaten Muara Enim dengan membayar Zakat, Infak dan sedekahnya melalui BaznaKabupaten Muara Enim,”lanjutnya.

Terakhir, ia berharap dengan semakin meningkatnya penghimpunan Zakat dan Infak di BAZNAS Kabupaten Muara Enim ini, maka akan semakin luas jangkauan mustahik yang dapat dibantu.

“Harapan kita dapat meningkat penghimpunan Zakat dan Infaq di Baznas, sehingga kita dapat memperoleh Keberkahan bagi Muzakki dan Kesejahteraan bagi Mustahik,”tutupnya.

Diketahui, dari 870 penerimaan di kecamatan Muara Enim dibagikan di masjid-masjid yang ada di wikayah kecamatan Muara Enim. Sementara sementara sebanyak135 dibagikan secara simbolis dimasjid Babussalam Islamic Center Muara Enim.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim DR H Nasrun Umar SH sangat mengapresiasi sekali atas kinerja Baznas Muara Enim yang telah bekerja keras dalam mengumpulkan dan juga menyalurkan dana zakat di Kabupaten Muara Enim.

“Semoga kedepan, dapat lebih ditingkatkan lagi. Dan, bagi yang menerima zakat dapat bermanfaat,” tandasnya.

Penulis: Fitrah Rosyid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *