Buka Rakerwas Itwasda, Kapolda Kalbar Tekankan Semakin Profesional Dalam Lakukan Pengawasan

Barometer99– PONTIANAK- KALBAR – Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro membuka secara langsung Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Itwasda Polda Kalbar Tahun Anggaran 2022, Jum’at (1/4).

Pelaksanaan Rakerwas Itwasda Polda Kalbar T.A 2022 mengangkat tema “Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Kalbar Mendukung Polri yang Presisi dalam pemulihan ekonomi dan reformasi struktural serta mengamankan agenda pemerintah guna menyukseskan pembangunan nasional menuju Indonesia maju”.

Dalam amanatnya Kapolda Kalbar mengatakan, bahwa Polri sebagai bagian dari pemerintahan yang mempunyai tugas pokok untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta menjadi pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Dituntut untuk dapat mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment, dengan melakukan program prioritas Kapolri dan melaksanakan reformasi birokrasi di tubuh Polri secara menyeluruh dan berkesinambungan dalam rangka mendukung pelaksanaan seluruh tugas pokok Polri sesuai amanat undang-undang.

“Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kepada peserta akan semakin profesional dalam melakukan pengawasan internal dan kegiatan operasi sesuai dengan dinamika operasi yang berkembang di lapangan, sehingga program dan kegiatan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Serta, dapat memberikan kepastian, keyakinan dan penjaminan yang memadai (assurance) atas penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri guna meningkatkan pelayanan publik dan kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri.

“Agar Itwasda selaku APIP dapat melaksanakan tugas secara optimal untuk mengetahui pelaksanaan program dan penggunaan sumber daya yang meliputi personil, sarana dan prasarana, anggaran serta metode dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien serta terawasi secara baik, melekat, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Lanjutnya, para kasiwas berperan aktif dan ikut mengawasi kegiatan operasional di wilayahnya masing-masing.

“Berperan aktif untuk ikut menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam organisasi, melaksanakan tugas dan fungsi serta membangun kredibilitas obrik sehingga terhindar dari berbagai pengaruh internal maupun eksternal yang dapat merugikan institusi Polri,” ungkap Kapolda Kalbar.

“Agar berperan aktif dalam melakukan kerjasama dan sinergitas lintas fungsi, lintas sektoral baik bersama institusi pemerintah, APIP serta pengawas eksternal independen dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Polri yang dapat mendukung program Strive For Excellence,” tutupnya.

Penulis : Bripda Juni

Salam Hormat kami
Humas Polda Kalbar

Wassalammualaikum Wr.Wb

Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.
Kabidhumas Polda Kalbar

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @pnc_poldakalbar
YouTube : PNC_PoldaKalbar

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *