Fisip Unsri dan Universiti Utara Malaysia Gelar Forum Panelist “Bilateral Dynamics: Crucial Issues In Contemporary Indonesia-Malaysia”

Barometer99- PALEMBANG,- Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (Fisip Unsri) bersama Universiti Utara Malaysia (UUM) menggelar forum diskusi Panelist dengan tema “Bilateral Dynamics: Crucial Issues In Contemporary Indonesia-Malaysia” yang di selenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (17/2/2022).

Forum tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fisip Unsri, Prof. Dr. Alfitri, M.Si. dalam sambutannya Prof Alfitri menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemateri yang sudah berkenan mengisi Forum Panelist yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya.

“Saya berharap dengan adanya Forum Panelist ini dapat menghasilkan acara yang berkelanjutan di kegiatan yang akan datang dengan Universiti Utara Malaysia,” ujar Prof Alfitri.

Wakil Dekan I Fisip Unsri sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fisip Unsri Dr. H. Azhar, SH., M.Sc., LL.M., LL.D menuturkan bahwa kegiatan ini penting bagi para Penstudi Hubungan Internasional Unsri maupun UUM untuk mengetahui pasang surut yang terjadi antara hubungan bilateral dari kedua negara tersebut di masa lalu hingga masa kini.

“saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para Pembicara yang sudah berkenan untuk memberikan pemaparan mengenai dinamika hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia,” ujar Dr. Azhar dalam sambutannya.

Hadir sebagai narasumber yaitu Associate Prof. Dr. Nazariah Binti Osman – Dean of School of International Studies (SoIS) Universiti Utara Malaysia (UUM) menjelaskan tentang pasang surut Hubungan Bilateral antara Malaysia dengan Indonesia yang terjadi di Masa lalu terutama pada Era kepemimpinan Presiden Indonesia yang pertama yaitu Presiden Soekarno. Kemudian Dr. Siti Darwinda Mohamed Pero – Head of Department International Affairs (INTAFF), Universiti Utara Malaysia (UUM) dalam paparannya menyampaikan tentang “Coalition Leadership” antara Malaysia dan Indonesia dalam menjadi penentu masa depan Asean sebagai integritas regional di Asia Tenggara. Sementara Sari Mutiara Aisyah, S.IP., MA – Lecturer of International Relations Universitas Sriwijaya menjelaskan tentang Pembangunan berkelanjutan dan kesalingbergantungan antara Indonesia dengan Malaysia dalam sektor Kelapa Sawit. Sedangkan Nurul Aulia S.IP., MA – Lecturer of International Relations Universitas Sriwijaya memaparkan terkait kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia dalam merespons Covid 19.

Kegiatan Forum Panelist ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari Indonesia maupun Malaysia. Meski dilaksanakan secara virtual, antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada narasumber.

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *