Tikungan Sirkuit Mandalika Yang Bakal Dipakai Pembalap Untuk Menyalip

Barometer99– JAKARTA- Akhir pekan ini, para pebalap MotoGP akan melakukan sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022. Sebulan setelahnya, seri kedua MotoGP 2022 akan digelar kembali di sirkuit tersebut.

Para pebalap MotoGP baru akan berkenalan dengan Sirkuit Mandalika menggunakan motor balapnya masing-masing pada sesi tes pra-musim. Sirkuit yang baru masuk dalam kalender MotoGP 2022 ini akan menjadi tuan rumah hingga 2024.

Sebelumnya, Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah digunakan untuk menggelar final World Superbike (WorldSBK) 2021. Gelaran tersebut dinyatakan sukses, meski sempat diwarnai hujan deras.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki 17 tikungan, dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Panjang keseluruhan sirkuit ini mencapai 4,3 km dengan lebar lintasan 15 meter. Untuk trek lurusnya, jaraknya mencapai 507 meter.

Tak sedikit pebalap yang menyanjung Sirkuit Mandalika. Termasuk mantan pebalap MotoGP, Scott Redding, yang musim lalu bergabung dengan tim pabrikan Ducati di WorldSBK.

Redding mengatakan, ada beberapa titik yang diyakini akan menjadi zona untuk menyalip. Menurutnya, ada celah di tikungan pertama, mungkin juga di tikungan kedua.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021.

“Setelah itu, masuk ke tikungan 9, saya lihat tidak ada kesempatan, begitu pula di tikungan 10,” ujar Redding, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (10/2/2022).

“Anda bisa kembali mencoba pada dua tikungan terakhir, tapi itu berisiko di sana. Jadi, Anda harus memulai balapan dengan baik,” kata Redding.

Sirkuit Mandalika termasuk dalam sirkuit yang memiliki karakter cepat. Juara dunia WorldSBK 2021 Toprak Razgatlioglu memiliki kecepatan rata-rata hingga 166,6 kilometer per jam saat meraih pole position dengan ban kualifikasi.

Dilansir Dari: Kompas.com

Editor: Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *