Sungai Karangkuang Dijadikan Kampung Tangguh Nusantara Musi

Barometer99- PALEMBANG,- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus mengedukasi masyarakat untuk menyayangi sungai, terlebih untuk lebih bisa menjaga kebersihannya untuk tidak membuang sampah kedalamnya.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, Pemkot Palembang bersama institusi kepolisian telah mengagas anak sungai musi dijadikan Kampung Tanguh Nusantara Musi.

Kampung tangguh yang di maksud disini, larangan keras membuang sampah kedalam sungai guna untuk kelangsungan sungai itu sendiri.

“Kita jadikan kampung tanguh Nusantara Musi ini, terbebas dari sampah,” kata Harnojoyo, Selasa (18/1/2022) disela sela rapat koordinasi program penguatan Kampung Tanguh Nusantara Musi tahun 2021/2022 di ruang rokunfu gedung Prometer Polda Sumsel.

Sungai Karangkuang yang terletak di Jalan Rasad Nawawi Lorong Kebangkaan 2 Kecamatan Ilir Timur 3 ini, kata Harnojoyo menjadi pilot projectnya.

Menurut Harno, ia meyakini dengan membentuk Kampung Tangguh dengan menata anak sungai dan mengatur pola sehat masyarakat, bisa jadi lebih baik.

“Kita atur warga agar tidak buang sampah ke sungai, jadi walaupun tidak membersihkan tapi tidak mengotori jadilah,” ungkapnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan upaya pemerintah kota (Pemkot) pelembang bersama kepolisian mengatasi persoalan sampah di anak sungai Musi tersebut harus kita jaga bersama.

Kapolda juga menambahkan, kita bersama-sama jadikan kampung tanggu Nusantara musi bebas dari buang sampah sembarangan ke sungai. Dengan bersama-sama stekholder pemerintah dan kepolisian dapat membentuk kampung tangguh dengan menata anak sungai dan mengatur pola sehat masyarakat bisa menjadi baik. Kita bersama-sama memberikan pengarahan kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” tegas Irjen Toni Harmanto.

Sementara ditempat yang berbeda, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mukhmad Ngajib melalui Kasi Humas Polrestabes, Kompol Abu Dani menuturkan juga memeberikan belasan kotak sampah kepada warga Kampung Tangguh.

“Sabtu kemarin Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mukhamad Ngajib sudah memberikan 13 tong sampah dari bahan besi dan plastik,” kata Abu.

Masih katanya, selain secara simbolis menyerahkan bantuan juga sekaligus memberikan edukasi terhadap masyarakat.

“Jadi untuk berikutnya kita beritahu kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya bukan ke sungai,”jelasnya.

Editor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *