Pemdes Penanggiran Gelar Musrenbang Desa Tahun 2022 & 2023, Kades : Aspirasi Masyarakat Jadi Tolak Ukur Pembangunan

Penanggiran, Barometer99 – Pemerintah Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), kegiatan ini di adakan setiap tahunnya untuk perencanaan pembangunan Desa tahun anggaran 2022-2023  di tempat gedung serbaguna Desa Penanggiran, Jum’at pagi (7/1/22).

Turut hadir juga di kantor Pemerintah Desa Penanggiran, Sekcam Gunung Megang Abu Yamin S.H, Ketua BPD Kristiansyah, beserta unsur Tripika Kecamatan Gunung Megang, Babinsa, Babinkamtibmas Perwakilan Puskesmas, UPTD Pertanian, UPTD Perkebunan, UPTD Perikanan, Humas PT. TITAN, Humas PT. PLTGU Gunung Megang Kepala Dusun, Ketua tim PKK, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta tokoh adat dan perwakilan dari FMP2B, Nopriadi.

Krestiansyah menyampaikan bahwa MusrenbangDes ini hasil dari Musdus yang sudah di laksanakan pada 5 Januari 2022. Terdapat banyak permasalahan setiap tahun nya yang ada di Desa Penanggiran kedepan MusrenbangDes ini kita ajukan sebanyak – banyak usulan melalui Dinas terkait dan juga bisa melalui CSR Perusahaan yang ada di ring 1 Perusahaan.

“MusrenbangDes ini kita usulkan yang mana yang masuk skala prioritas pada tahun 2022 dan 2023 ini, semoga dapat terealisasi pada skala prioritas permasalahan yang ada di Desa Penanggiran,” tutup Ketua BPD.

Penyampaian Kades Penanggiran Revi Widarno, MusrenbangDes ini dijelaskan hasil dari Musdus (musyawarah dusun) yang beberapa hari belakang sudah di laksanakan, penyelenggaraan MusrenbangDes merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

“MusrenbangDes ini di laksanakan secara berjenjang, mulai dari Desa, tingkat Kecamatan, sampai di usulkan sampai ketingkat Kabupaten. Terima kasih yang sudah hadir memenuhi undangan MusrenbangDes Penanggiran kepada seluruh rekan- rekan yang bisa menyempatkan waktu untuk bisa mensukseskan MusrenbangDes Penanggiran tahun anggaran 2022 dan 2023,” kata Kepala Desa Penanggiran.

Sekcam Gunung Megang, Abu Yamin S.H, juga menyampaikan bahwa MusrenbangDes ini kegiatan yang wajib di laksanakan oleh BPD dan bersinergi Pemerintah desa dan hasilnya akan didiskusikan ke tingkat Kecamatan, dalam MusrenbangDes ini Masyarakat wajib aktif untuk menyumbangkan usulan sebanyak-banyaknya, di acara MusrenbangDes Anggaran Tahun 2022 dan 2023.

“Usulan ini kita ajukan ke tingkat Kabupaten sesuai dengan dinas terkait, maka dari itu perlu banyak bantuan dari dinas terkait dan juga pemerintah desa untuk bisa mengcover kebutuhan masyarakat yang mana yang akan kita dahulukan dan masuk kedalam skala prioritas untuk Desa Penanggiran ini, supaya pembangunan ini merata di tingkat Desa dan khususnya di Kecamatan Gunung Megang,” tegas Sekcam Gunung Megang.

Dalam MusrenbangDes ada banyak daftar permasalahan/usulan yang di sampaikan oleh BPD dan Pemdes Penanggiran yang merupakan hasil Musdus kemarin. Selanjutnya mulai pembahasan rencana pembangunan desa di bahas satu persatu,  terdapat beberapa bidang dalam pembahasan MusrenbangDes tersebut, berikut skala besar perioritas Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim.
I.    Jembatan gantung
II.   Halaman SD 20 Penanggiran
III.  Bidang Pertanian dan perkebunan
IV.  Bidang Peternakan dan perikanan
V.   Perbaikan Pustu Penanggiran

Nopriadi Ketua Forum Panang Jaya dan Penanggiran Bersatu, menyampaikan pendapatnya mengenai MusrenbangDes tahun ini untuk pembangunan kedepannya.

“Usulan-usulan program pembangunan untuk membantu Desa Penanggiran, ya termasuk perusahaan – perusahaan yang ada di ring satu Desa Penanggiran, seperti PTPN VII Sule Inti, PT RMK, PT PLTGU Gunung Megang, PT CIFU, PT Agro, PT Medco E&P Lematang, PT Titan grup, bahu membahu untuk masyarakat menggunakan dana CSR perusahaan tersebut,” tegas Nopri.

Sambung Kata Nopri Harapan saya semoga pemuda pemudi Desa Penanggiran di pekerjaan sesuai dengan skill-nya, karena banyak sekali yang masih belum bekerja sementara Desa Penanggiran di kelilingi oleh perusahaan – perusahaan besar.

Penulis: PalendraEditor: Palendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *