Camat Bukit Kecil : Dorong Ekonomi di Palembang Melalui UMKM

Barometer99- PALEMBANG,- Camat Bukit Kecil, Alexander Sip, MSi., Usai di lantik pada tanggal 10 lalu ingin segera memulihkan perekonomian dikota Palembang melalui bangkitnya UMKM. Hal itu diungkapkan Alex usai posesi serah terima jabatan Camat Bukit Kecil, dari sebelumnya dijabat Purba Sanjaya di kantor Camat Bukit Kecil, Senin (15/11/2021).

Menurut Alek jumlah UMKM, di Kecamatan Bukit Kecil sangat banyak dibandingkan kecamatan lainnya. Untuk itu akan segera dirancang untuk mendorong Alex menggerakan program pengembangan UMKM sebagai program kerja pertama usai dirinya dilantik menjadi Camat Bukit Kecil.

Program Bapak angkat yang sudah dicanangkan, UMKM seperti mengarah berkembang sebagai solusi masalah epek pandemi saat ini,  untuk itu yang akan dirangkul Dua lembaga yang menurutnya sangat tepat menjadi bapak Angkat UMKM adalah Pengadaian dan Bank Sumsel Babel.

“Dengan adanya program bapak angkat untuk UMKM ini,  mereka kita dorong untuk lebih berkembang lagi pasca pandemi, baik dari sisi dukungan modal usaha, distribusi produk ke pasaran hingga pola lainnya. Namanya bapak angkat, tentu saya harapkan bisa support penuh,” jelas Alek.

Lanjut Alek,  pihaknya juga sudah melakukan penelusuran data sehingga bisa diketahui secara detail dan rinci jumlah UMKM yang ada di Bukit Kecil. Dari itu baru akan dirumuskan UMKM mana saja untuk penentuan bapak angkat, apakah ke Pengadaian atau ke Bank Sumsel.

“Masih kita data, berapa jumlah persisnya, dari situ baru kita tawarkan apakah nanti ke Pengadaian atau Bank Sumsel Babel, itu tergantung kebutuhan dan kesiapan masing-masing UMKM. Ini semata-mata agar mereka lebih maju saja, ” kata Alex.

Selain program Bapak Angkat, pihaknya juga akan mendukung program pemerintah Kota Palembang terkait pelestarian wisata sungai Lebak Cindo yang berada di sepanjang sungai Sekanak Lambidaro yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Selain itu, Program wisata Sungai Sekanak Lambidaro yang berada di kawasan Jalan radial rencananya akan dibangun kawasan wisata sungai dan pusat kegiatan pendestrian UMKM hingga tempat kongkow baru. Dukungan bisa berupa penyediaan perahu hias untuk transportasi wisata bagi warga yang ingin berkeliling sungai Sekanak Lambidaro, melalui program CSR perusahan yang berada di kawasan jalan Radial.

“Kita siap membantu program wisata sungai sekanak Lambidaro, jika sudah dituntas, seperti pengadaan perahu dari program CSR perusahaan,” Katanya.

Juga persiapan pembentukan kawasan Pendestrian dengan mengerahkan para UMKM agar bisa jualan produk-produk UMKM, seperti di Pendestrian Sudirman.

“Pak Wali ingin agar Pendestrian Radial di sepanjang Sungai Sekanak Lambidaro ini juga dibangun, kita atur UMKM bisa jualan disana sehingga potensi ekonomi masyarakat jadi lebih hidup, ” katanya. Program lainnya, seperti penataan bberapa pasar tumpah yang kondisinya masih semrawut dengan melibatkan instansi terkait seperti PD Pasar, Satpol PP hingga perangkat lainnya sehingga kawasan pasar 26 Ilir lebih tertata rapi dan indah.

“Kita minta agar warga Kecamatan Bukit Kecil juga ikut membantu dan berperan aktif agar kawasan disana jadi lebih rapi dan tertata, sektor perekonomian masyarakat juga akan lebih bergairah lagi, ” Katanya.

Penulis: YonEditor: Yon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *