Kombes Pol Agus Suryo Nugroho: Polda Jateng Pastikan Jalan Tol Aman Dilewati Saat Nataru

Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah melalui Dirlantas Kombes Pol Drs Agus Suryo Nugroho, S.H., M.Hum., memastikan ruas jalan tol aman digunakan pengguna jalan saat masa libur natal dan tahun baru (Nataru).

“Hari ini Polda Jateng dalam rangka menghadapi operasi nataru dan operasi zebra. Kami yakinkan ruas jalan tol aman, tertib dan lancar. Hari ini kita kolaborasi kita sudah bersinergi bagaimana kita bertindak pada saat operasi nataru akan dihadapi,” ujar Agus kepada wartawan di Mapolda Jateng, Kamis (11/11).

Ia menegaskan, nantinya operasi zebra dan nataru yang akan dilakukan bersifat humanis. Pihaknya juga mulai memetakan lokasi-lokasi rawan kecelakaan.

“Kami juga sudah survey lokasi-lokasi black spot yang sering terjadi kecelakaan. (Di sana) kita upaya siapkan crane, ambulans, mobil derek termasuk patroli rutin kita maksimalkan. Ini upaya mencegah kecelakaan lalu lintas,” jelas dia.

Disinggung terkait kemungkinan adanya pos penyekatan atau pemeriksaan dokumen di pintu masuk Jawa Tengah, Agus mengaku masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

“Masih menunggu instruksi dari pusat tapi wilayah Polda Jateng dan pengelola jalan tol sudah menyiapkan skenario itu. Ketika harus ada pembatasan kita skenario demikian, ketika dilepas semua jalur kita siapkan kontraflow, penyekatan dan sebagainya,” sebut dia.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama Trans Marga Jateng Jalan Tol Semarang – Solo, Deni Candra Irawan. Deni menyatakan siap mengikuti instruksi dari pemerintah terkait kebijakan libur nataru.

“Kami sudah menyiapkan antisipasi jadi apakah itu ada penutupan sementara, apakah ada pengalihan, ada pembatasan terkait dengan pandemi COVID-19 kami masih menunggu. Pada prinsipnya infrastruktur di lapangan termasuk petugas sudah kami persiapkan sedini mungkin jadi seluruh skenario yang diterapkan nanti kita sudah siap,” kata Deni. (Hendy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *